Rabu, 14 Januari 2009

Notulen Rapat Warga CGR1

NOTULEN RAPAT

CIMANGGIS GREEN RESIDENCE 1



Hari : Minggu, 11 Januari 2008

Perihal : Inventarisasi keluhan dan koordinasi kegiatan warga CGR1.

Tempat : Masjid CGR 1

Agenda : - Pembukaan

- Inventarisasi keluhan.

- Koordinasi kegiatan warga CGR1.

- Penutup



Pokok-pokok Hasil Rapat

1. Menanggapi inventarisasi keluhan fasilitas umum, fasilitas sosial, maka developer diminta untuk melengkapi fasilitas yang kurang, memperbaiki fasilitas yang rusak, dan mengadakan fasilitas yang belum ada namun dijanjikan, sebelum serah terima dilakukan. Adapun daftar inventarisasi keluhan fasilitas umum dan fasilitas sosial adalah sebagai berikut:



ASPEK

MASUKAN



I. FASILITAS UMUM




1. Fasilitas Jalan

1. Beton dan paving blok (conbloc) jalan sudah ada yang tergerus dan hancur.




2. Pagar belakang yang menghadap lembah kurang kokoh.




3. Dinding penguat pagar belakang tidak seluruhnya dibeton, hanya sebagian.



2. Gerbang/Gapura

1. Lampu gapura (lampu tembak) yang menerangi tulisan "Cimanggis Green Residence 1" tidak ada (ada 2 titik)




2. Tulisan "Cimanggis Green Residence 1" terlalu kecil (bandingkan dengan CGR2).



3. Gazebo

1. Gazebo depan dalam kondisi tidak terawat, atap dan tirai rusak.



4. Taman

1. Taman kurang terawat terutama taman di pagar belakang yang berhubungan dengan lembah.




2. Taman di pagar belakang yang berhubungan dengan lembah belum ada kran air.



5. Taman bermain

1. Taman bermain belum ada (dijanjikan di brosur)



6. Plang penunjuk arah

1. Perlu ada plang penunjuk arah perumahan dari jl. Pekapuran, jl. Kapitan dan jl. Raya Bogor




2. Perlu ada plang penunjuk arah kendaraan di dalam komplek perumahan (jalur satu arah).



7. Drainase

1. Saluran air di depan rumah bagian belakang (C1-C5 dan yang sejajar) kurang miring sehingga pada saat hujan, air tergenang.



II. FASILITAS SOSIAL




1. Masjid

1. Speaker luar kurang 2 buah.




2. Manajemen pengelolaan masjid belum ada.




3. Fisik tulisan nama masjid belum ada.



2. Gedung TPA

1. Gedung TPA belum ada (dijanjikan di brosur)




2. Manajemen pengelolaan dan pengajar TPA belum ada.

2. Untuk keluhan hunian rumah, akan diminta penjelasan dan pertanggungjawaban developer. Adapun keluhan hunian rumah adalah sebagai berikut:

ASPEK


MASUKAN

I. RUMAH HUNIAN



1. Kondisi rumah


1. Dinding banyak yang retak-retak.



2. Adanya struktur rumah yang tidak sesuai dengan persyaratan teknis. Seperti pintu yang melengkung, kayu atap yang melengkung, dll.



3. Pompa air yang mudah rusak.



4. Instalasi pipa pompa air kurang tepat, sehingga ketika rumah ditinggalkan dan pompa tidak digunakan, udara dapat masuk kedalam pipa, yang kemudian jika pompa dinyalakan, pompa akan terbakar.



5. Pemasangan pompa air yang tidak sesuai (debit keluaran terlalu kecil, sehingga menyebabkan mesin rusak.



6. Beberapa fasilitas rumah yang kadaluarsa jenisnya (spare part sudah tidak ada dipasaran), seperti pompa, gagang pintu.



7. Gagang pintu utama yang tidak semestinya yaitu lubang kunci tidak dua arah (seharusnya untuk pintu kamar).



8. Pemasangan kabel listrik yang kurang rapi pada beberapa tempat seperti yang terjadi di A1.



9. Pemasangan posisi kabel meteran KWH yang tidak tepat (memungkinkan air hujan masuk ke meteran KWH melalui kabel).



10. Rembesan air dari dinding yang dipasangi bata artistik (bata ekspos) menyebabkan dinding bagian dalam timbul bercak air.



11. Terjadi rembes air dari luar ketika hujan (B6, B9)

II. PENGELOLAAN LINGKUNGAN

1. Kebersihan lingkungan


1. Perlu direalisasikan penanganan sampah yang berwawasan lingkungan (go green).



2. Tong sampah kurang 10 buah (2 rumah, 1 organik, 1 anorganik).

2. Keamanan/Security


1. Perlu adanya koordinasi keamanan, dimana satpam yang tugas malam harus terjaga.



2. Perlu ada kartu pass tamu dan rak/laci khusus menyimpan tanda pengenal tamu yang datang.



3. Jam masuk pedagang



4. Perlu ada TV untuk hiburan satpam.



5. Seragam resmi satpam dan keikutasetaan satpam di polsek/polres.



6. Perlu ada jam amano untuk pengontrolan jam keliling satpam.

3. Lingkungan sosial


1. Proses pembuatan KTP dan KK ke RT setempat.



2. Pemekaran RT baru



3. Janji pengembang ke warga sekitar yang belum terealisasi.



4. Perlu mekanisme untuk penanganan komplain/konflik dengan lingkungan sekitar. Misal jika ada kerusakan lingkungan yang diakibatkan keberadaan CGR1.



5. Penjelasan saluran pembuangan air sampai ke sungai (perjanjian dengan warga).

3. Untuk komplain rumah perlu diinventarisasi per rumah.

4. Untuk dokumen rumah seperti sertifikat, pemecahan IMB dan PBB akan ditanyakan ke developer, notaris dan bank bagi yang KPR. Adapun inventarisasi keluhan dokumen adalah sebagai berikut:

ASPEK

MASUKAN

I. DOKUMEN


1. Komplek

1. Gambar saluran pembuangan air.


2. Perjanjian dengan lingkungan sekitar.

2. Rumah

1. Pemecahan IMB dan PBB

Catatan : Seluruh item baik masalah fasilitas umum, fasilitas sosial, rumah hunian, pengelolaan lingkungan, dan dokumen, yang perlu tindak lanjut developer akan disampaikan sesegera mungkin (dalam bulan ini/sebelum serah terima).

5. Pembahasan mengenai security akan dicarikan waktu khusus untuk membahasnya.

6. Masalah kewargaan

a. Untuk pembuatan KTP, masing-masing warga membuat surat pindah dari tempat asal masing-masing dan menyerahkannya ke koordinator paling lambat tgl 31 Januari 2009. Kemudian akan dibuat KTP kelurahan Sukatani secara kolektif.

b. Setelah jumlah KK yang terdaftar di kelurahan Sukatani mencukupi syarat minimal, maka koordinator segera mengusulkan pemekaran RT.



0 komentar:

Posting Komentar